Minggu, Agustus 17, 2008

Pertama Kali di Radio


Hari Minggu, 17 Agustus 2008 (Independence Day), adalah hari dimana saya untuk pertama kalinya siaran di radio (sebagai bintang tamu acara talkshow). Acara tersebut bernama Mitra Kampus yang disiarkan oleh radio Pro2 Surabaya 95,2 FM. Acara ini dimulai pada pukul 20.00 hingga 21.00. Pukul 18.30 saya sudah sampai di studio. Di ruang tunggu, saya membuka laptop dan mencari materi yang akan dibahas. Materi yang dibahas adalah UKM Diving (selam) yang saya ikuti di kampus. Denagan perasaan deg-degan, saya dan teman saya (Moses) membaca materi dengan sungguh-sungguh. Sebenarnya, materi tersebut hanya digunakan untuk panduan kami berdua dalam menjawab pertanyaan baik dari pembawa acara (yang bernama Ezra) maupun dari para pendengar.
Di ruang tunggu yang cukup dingin, kami bertiga (saya, Moses, dan temannya Moses) menanti saat-saat yang "bersejarah" dalam hidup. Jam menunjukkan pukul 20.00. Saatnya bagi kami untuk mengudara. Rasa gugup yang kami alami sejak tiba di studio makin menguat saat kami berjalan menuju studio. Di dalam studio, rasa gugup mulai mereda setelah Ezra berulang kali berkata, "Tenang ae..... (tenang saja), biasa aja.". Talkshow pun dimulai. Kami mulai menjelaskan berbagai hal mengenai diving mulai dari kegiatannya, persyaratannya, hingga alat-alat yang dipakai saat diving.
Ini adalah pengalaman yang berharga bagiku. Banyak hal yang saya temui saat di dalam studio. Mulai dari peralatannya, orang-orangnya, cara kerjanya, dsb. Meski siaran di radio yang biasa-biasa saja (bila dibandingkan dengan radio lain seperti EBS, Istara, DJ, Colors, Prambors, dan Hard Rock), saya merasa senang. Sedikit saya bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi penyiar. Suatu hal yang menurut saya cukup sulit karena harus mampu berbicara dengan lancar, memilih lagu untuk diputar, dan yang paling sulit adalah membuat pendengar tidak merasa bosan.

1 komentar:

cisthouse™ mengatakan...

semoga aja menjadi bintang radio, hehe....kabur...BruuuuumMmm